7 Keuntungan Menjadi Content Creator
7 Keuntungan Menjadi Content Creator
Content Creator kini menjadi bidang karir yang sangat digemari. Tidak seperti dulu, jika kita mewawancarai anak SD, banyak dari mereka akan menyebut Youtuber dan Pro Gamer dibanding Guru, Dokter, Pilot dan pekerjaan konvensional lainnya.
Menjadi content creator dimaksud bukan hanya suka membuat konten dalam waktu tertentu saja. Tetapi menjadi profesional dengan waktu yang lama untuk memberikan wadah/tontonan penting bagi audiens. Selain uang, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi content creator profesional.
Apa Itu Content Creator?
Content Creator merupakan profesi dimana kamu dibayar untuk membuat konten, mulai dari artikel, video, musik dan lain sebagainya. Konten ini nantinya akan menarik perhatian publik dan menjadi sarana promosi yang sangat efektif. Itu mengapa iklan menjadi salah satu sumber pemasukan utama dari content creator.
Keuntungan Menjadi Content Creator
Content Creator sering dianggap remeh dan dipandang sebelah mata oleh generasi diatas kita (Milenial dan Gen Z) yakni generasi Boomer. Profesi Content Creator dianggap tidak stabil dan tidak pasti kecuali kamu sampai di titik artis.
Nah buat kalian yang ingin menjadi content creator, perlu diketahui keuntungan menjadi content creator.
Berikut 7 keuntungan menjadi content creator yang perlu diketahui antara lain :
1. Dikenal Banyak Orang (Populer) dan makin kreative
Dapat dikenal oleh banyak orang atau Populer merupakan keuntungan utama dari seorang content creator. Pasalnya dengan dikenal banyak orang, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan lainnya. Misal, dengan dikenal banyak orang kamu dapat menjadi sosok yang berpengaruh dan didengar.
Kreativitas dan Ekspresi Diri Menjadi konten kreator memungkinkanmu untuk mengekspresikan diri dan kreativitasmu melalui berbagai jenis konten seperti video, foto, blog, atau podcast. Ini memungkinkanmu untuk mengeksplorasi passion-mu dan membagikan pemikiranmu kepada orang lain.
Pembelajaran dan Pengembangan Skill Dalam proses menciptakan konten, kamu akan mempelajari berbagai keterampilan baru seperti editing video, penulisan, atau fotografi. Selain itu, kamu juga dapat mengasah keterampilan interpersonal seperti public speaking dan networking.
2. Berpengaruh dan Didengar
Seorang Content Creator memiliki medianya sendiri untuk menyuarakan pendapat baik kepada banyak orang maupun kepada pihak pengambil keputusan seperti pemerintah. Sebagai contoh kita mengenal Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier yang banyak mendatangkan petinggi Negara. Selain dapat menyampaikan suara pengikutnya kepada pihak pengambil keputusan seperti mentri, Podcast Close The Door dapat menjadi media klarifikasi yang sangat efektif.
Koneksi dengan Audiens Melalui kontenmu, kamu dapat membangun komunitas dan koneksi dengan audiens yang memiliki minat dan passion yang sama. Hal ini juga dapat membantumu untuk memperluas jaringanmu dan menciptakan peluang baru dalam karirmu.
Mempengaruhi Orang Lain Konten kreator dapat mempengaruhi, menginspirasi, atau menghibur audiens mereka. Kontenmu dapat memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang lebih baik atau membantu mereka melewatkan hari yang sulit.
3. Monetisasi Konten
Seperti yang sempat kita bahas di pembukaan, konten merupakan media pengumpul masa yang sangat efektif. Itu sebabnya metode monetisasi paling umum atas suatu konten adalan iklan. Konsep tersebut dapat dengan mudah kita jumpai di media sosial seperti Youtube, Facebook dan Instagram bahkan media konvensional seperti TV dan Radio.
4. Endorsement dan Brand Ambassador
Endorsement dan Brand Ambassador merupakan bentuk kerjasama antar brand dan content creator untuk merepresentasikan suatu produk. Nantinya content creator akan mendapat keuntungan berupa Fee, produk gratis sampai dengan akses awal produk yang belum di rilis.
Potensi Penghasilan Konten kreator dapat memperoleh penghasilan dari konten yang mereka buat, terutama jika konten mereka memiliki banyak penonton atau pembaca. Mereka dapat menghasilkan uang dari iklan, endorse, dan sponsor.
5. Memiliki Pasar Tertarget
Dengan menjadi content creator, kamu akan memiliki base penggemar yang sangat tertarget berdasarkan jenis konten kamu. Misal sebagai seorang content creator film pendek ber genre Cinta, kamu dapat menjual Merk berupa kaos kata-kata galau atau bahkan bisa menerbitkan bukumu sendiri.
Atau untuk kamu seorang reviewer Gadget, kamu memiliki peluang pasar yang sangat besar untuk menjual produk elektronik kepada penggemar. Peluang ini terbentuk atas kegemaran dan kepercayaan follower/subscriber terhadap content creator idolanya.
6. Memiliki Jaringan yang Luas
Wajar bagi Content Creator untuk melakukan berbagai macam kolaborasi. Mulai dari kolaborasi antar Content Creator, kolaborasi antar bidang sampai dengan kolaborasi bersama brand dan media internasional. Kolaborasi tersebut membuat content creator memiliki potensi jaringan yang luas.
7. Waktu dan Fleksibilitas Kerja Sebagai konten kreator
Kamu dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja, karena kebanyakan platform konten seperti YouTube, Instagram, atau blog dapat diakses dari internet. Hal ini memungkinkanmu untuk bekerja dengan waktu yang fleksibel dan menyesuaikan jadwal kerjamu dengan kebutuhan pribadimu.
Itulah keuntungan yang bakal Anda dapatkan ketika terjun sebagai content creator. Banyaknya platform media sosial seperti Aplikasi Cuit yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai dan menekuni dunia pembuatan ide konten kreatif. Dengan begitu, Anda bisa membuka peluang dan akses yang lebih luas dari pekerjaan ini.