Pentingnya Fotografi Produk Untuk Meningkatkan Bisnis
Pentingnya Fotografi Produk Untuk Meningkatkan Bisnis
Foto produk bisa menjadi senjata utama bagi kita saat berjualan di toko online, sosial media, atau marketplace. Bahkan bisa, 80% penjualan terjadi karena efek foto produk. Masalahnya banyak orang yang belum paham pentingnya foto produk untuk bisnis olshop mereka.
Bagi kita yang memiliki online shop tentunya akan menerapkan pengaruh tersebut untuk produk marketing dari bisnis kita. Karena dengan adanya foto produk dalam sebuah website maupun social media akan membangun koneksi kuat antara produk yang kita tawarkan dengan calon konsumen dan akan dapat kesan langsung pada calon konsumen tentunya.
Selain itu, dengan menggunakan foto yang tepat dan berkualitas akan meningkatkan nilai suatu produk dan kredibilitas website kita. Visual berupa foto suatu produk yang akan dijual melalui toko online memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang bisnis online.
Bukan hanya melalui situs toko online saja, beberapa media promosi online seperti media sosial (khususnya Instagram, Twitter, dan Facebooks) juga memerlukan suguhan visual produk yang semenarik mungkin agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli barang tersebut.
Beberapa alasan pentignya fotografi produk untuk sebuah bisnis online, diantaranya adalah:
1. Fotogafi yang menarik dapat meningkatkan nilai brand produk
Fotografi produk sudah pasti akan mewakili brand produk kita. Terlebih didukung kualitas fotografi yang baik, calon konsumen akan semakin yakin dengan brand produk kita. Jika calon konsumen sudah merasa yakin dengan brand produk yang kita miliki, peluang mereka untuk membeli produk kita sangat besar.
2. Fotografi berkualitas akan memberikan nilai tambah pada produk
Para pengunjung toko online sangat senang membandingkan produk dengan jenis yang sama antar toko online. Oleh karenanya, kita harus memberikan nilai lebih pada produk kita yaitu dengan menampilkan foto terbaik dari produk yang kita hasilkan.
Ketika calon konsumen sudah mulai tertarik dengan fotografi produk kita, dukung promosi kita dengan bahasa promosi yang menarik serta kemudahan bertransaksi.
3. Fotografi berkualitas dapat meningkatkan rate penjualan
Anggap saja foto-foto produk kita adalah investasi yang siap kita tanamkan. Investasi dengan kualitas yang unggul dapat memberikan timbal balik yang positif untuk rate penjualan kita. Semua calon konsumen akan menyukai penjual online yang menyediakan informasi dan gambar yang menarik, detail, dan jelas.
Bahkan, mereka bisa saja akan puas setelah menerima produk kita karena produk yang diterima sesuai dengan apa yang kita promosikan via online. Efeknya, mereka tidak akan sungkan untuk mempromosikan produk kita pada teman, keluarga, atau partner kerja mereka.
4. Gunakan filter tapi seperlunya saja
Apapun jenis foto produk yang akan dipromosikan via online, baik berupa barang maupun makanan, harus memiliki tampilan yang sama dengan barang/ makanan aslinya.
Jika kita ingin menggunakan filter, sebaiknya gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan (misalnya menambahkan efek cahaya dan warna). Mengapa? Konsumen tentu akan kecewa ketika menjumpai bahwa produk yang telah mereka beli tak semenarik fotografi produk yang terpasang di katalog toko online/ media sosial.
5. Pilih angle foto yang tepat
Selain menggunakan filter seperlunya, trik lainnya agar fotografi produk terlihat sangat menarik yaitu dengan memilih angle pengambilan gambar yang tepat. Dalam memilih angle pengambilan gambar, sebaiknya kita sesuaikan dengan ukuran objek plus penambahan efek tertentu.
Hasilnya pasti akan luar biasa. Sebagai contoh: kita ingin mempromosikan kue kering via online. Agar pengunjung tergiur dengan tampilan foto kue kering kita, beri remah-remah kue di sekitar wadah kue kering kita. Tambahan remah-remah ini tentu akan menggugah cita rasa siapapun yang melihatnya.
6. Pentingnya foto produk untuk mempengaruhi persepsi konsumen
Percaya atau tidak, foto produk bisa mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang kita jual. Produk yang seharusnya mahal bisa menjadi murah dimata konsumen akibat foto produk yang buruk, sebaliknya dengan foto produk yang luar biasa konsumen bisa menghargai produk dengan tinggi meskipun sebenarnya harga produk itu murah.
Nah, itulah pentingnya foto produk. Bisa membentuk pola pikir dan persepsi manusia. Coba bayangkan, bagaimana kalau produk yang bagus di foto dengan kualitas yang bagus pula pasti banyak orang yang tertarik.
Ditulis oleh
Team Dokumentasi JSP
More from my site
Tag:analisis usaha fotografi, bisnis fotografi online, fotografi produk dengan smartphone, jelaskan marketing in crisis time, kelemahan usaha fotografi, keunggulan jasa fotografi, modal awal usaha photography, Pentingnya Fotografi Produk Untuk Meningkatkan Bisnis, sukses bisnis fotografi, tips fotografi produk, usaha fotografi, usaha fotografi rumahan