KAWASAN KESELAMATAN OPERASI PENERBANGAN (KKOP)
Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP)
Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan adalah wilayah daratan atau perairan dan ruang udara di sekitar bandar udara yang dipergunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.
Kawasan ini perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan operasional pesawat udara di sekitar bandar udara, hal yang paling umum dan sangat berkaitan dengan kawasan ini adalah mengenai kondisi ketinggian bangunan atau halangan lainnya seperti gunung, bukit, pepohonan di sekitar wilayah operasi penerbangan atau bandar udara. Kawasan ini juga menjadi faktor pendukung utama dalam pembuatan suatu wilayah pendaratan dan lepas landas pesawat udara.
- Kawasan ancangan pendaratan dan lepas landas : adalah suatu kawasan perpanjangan kedua ujung landasan, dibawah lintasan pesawat udara setelah lepas landas atau akan mendarat, yaitu dibatasi oleh ukuran panjang dan lebar tertentu.
- Kawasan kemungkinan bahaya kecelakaan : adalah sebagian dari kawasan pendekatan yang berbatasan langsung dengan ujung-ujung landasan dan mempunyai ukuran tertentu, yang dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.
- Kawasan di bawah permukaan transisi : adalah bidang dengan kemiringan tertentu sejajar dengan dan berjarak tertentu dari poros landasan , pada bagian bawah dibatasi oleh titik perpotongan dengan garis – garis datar yang ditarik tegak lurus pada poros landasan dan pada bagian atas dibatasi oleh garis perpotongan dengan permukaan horizontal dalam.
- Kawasan di bawah permukaan horizontal dalam : adalah bidang datar di atas dan di sekitar bandar udara yang dibatasi oleh radius dan ketinggian dengan ukuran tertentu untuk kepentingan pesawat udara melakukan terbang rendah pada waktu akan mendarat atau setelah lepas landas
- Kawasan di bawah permukaan kerucut : adalah bidang dari suatu kerucut yang bagian bawahnya dibatasi oleh garis perpotongan dengan horizontal dalam dan bagian atasnya dibatasi oleh garis perpotongan dengan permukaan horizontal luar, masing-masing dengan radius dan ketinggian tertentu dihitung dari titik referensi yang ditentukan.
- Kawasab di bawah permukaan horizontal luar : adalah bidang datar di sekitar bandar udara yang dibatasi oleh radius dan ketinggian dengan ukuran tertentu untuk kepentingan keselamatan dan efisiensi operasi penerbangan antara lain pada waktu pesawat melakukan pendekatan untuk mendarat dan gerakan setelah tinggal landas atau gerakan dalam hal mengalami kegagalan dalam pendaratan.
FUNGSI KKOP
Dari pejelasan dan definisi di atas, dapat diketahui fungsi dari KKOP, diantaranya:
- Sebagai pengatur dan pengendali ketinggian dari suatu bangunan atau benda tumbuh yang diperkirakan dapat mengganggu keselamatan operasi penerbangan pesawat.serta
- Sebagai pengatur dan pengendali tata guna lahan di sekitar bandar udara untuk penyusunan tata ruang suatu wilayah.
BATASAN KAWASAN KESELAMATAN OPERASI PENERBANGAN
Dalam penetapan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan telah ditetapkan beberapa ketentuan batasan berdasarkan :
- Kelas Bandar Udara
- Landasan :
- Klasifikasi untuk lepas landas
- Klasifikasi untuk pendekatan
- Jenis pesawat yang beroperasi
- Elevasi / ketinggian landasan terhadap permukaan laut
Jakarta school of photography
www.jsp.co.id
Follow fb :https://www.facebook.com/Jspschool/
Follow ig : https://www.instagram.com/sekolahphoto/
peraturan kkop, rekomendasi kkop, cara menghitung kkop, kawasan keselamatan operasi penerbangan, kkop jakarta, kkop bandung, kkop semarang, kkop surabaya, peraturan menteri perhubungan tentang kkop, tujuan kkop, manfaatr kkop,modul pelatihan drone, pelatihan drone jogja, pelatihan drone di bandung, sekolah drone di jakarta, sekolah drone di semarang, fungsi drone untuk pemetaan, pelatihan drone jakarta, kursus penggunaan drone, harga drone untuk pemetaan, software pemetaan dengan drone, sekolah drone terbaik, tempat belajar drone terbaik, pelatihan drone untuk pemetaan, pelatihan drone untuk foto, pelatihan drone untuk videografi, pelatihan drone untuk pemetaan foto videografi
More from my site
Tag:cara menghitung kkop, cari sekolah drone di jakarta, cari tempat kursus drone di indonesia, cari tempat kursus drone di jakarta, kawasan keselamat operasi penerbangan surabaya, kawasan keselamatan operasi penerbangan di indonesia, kawasan keselamatan operasi penerbangan jakarta, kawasan keselamatan operasi penerbangan semarang, kawasan keselataman operasi penerbangan, kkop bandung, kkop jakarta, kkop semarang, kkop surabaya, pelatihan drone untuk foto, pelatihan drone untuk video, peraturan kkop, peraturan menteri perhubungan tentang kkop, rekomendasi kkop, sekolah drone di jakarta, tempat pelatihan drone di jakarta