Prospek Kerja Content Creator
Prospek Kerja Content Creator
Secara garis besar, tugas content creator adalah membuat konten yang disukai oleh audiens agar akun tetap berkembang. Untuk disukai audiens, konten harus bermanfaat atau menyenangkan untuk dilihat atau dikonsumsi.
Khusus content creator untuk akun pribadi, biasanya mereka memilih suatu topik untuk mengembangkan konten mereka. Tentunya, menjadi content creator tidak instan, kita harus memiliki ketekunan dan keahlian tertentu. Content creator bekerja untuk dirinya sendiri dan dapat bekerja darimanapun, baik dari rumah, cafe, studio dan lain-lain. Perbedaan antara Content creator yang satu dan yang lain sendiri terletak pada jenis konten dan media apa yang mereka gunakan.
Prospek kerja seorang content creator saat ini sangatlah luas, mengingat bahwa era digitalisasi yang terus berkembang. Data untuk membuat konten kreatif pun semakin dicari dari berbagai bidang guna menyebarkan informasi, menjalankan bisnis, mengedukasi, atau hanya sekadar menghibur semata.
Dibawah ini terdapat beberapa prospek kerja bagi seorang content creator agar para pemula yang ingin terjun menjadi seorang content creator mengetahui prospek mana yang kalian butuhkan sesuai dengan kemampuan.
Berikut 5 Prospek Kerja Content Creator antara lain :
1. YouTuber
Perubahan media yang digunakan oleh masyarakat terus berubah dan mengikuti perkembangan teknologi, misalnya Semakin banyak orang yang menggunakan platform YouTube yang bukan hanya sebagai media hiburan saja tapi juga sebagai sumber informasi terkini. Keadaan ini yang bisa menjadi peluang pekerjaan sebagai content creator. Tak jarang juga beberapa artis yang yang merambat menjadi youtuber karena memang minat masyarakat yang mulai bertambah.
Penghitungan gaji dari seorang content creator YouTube adalah dari jumlah subscriber dan juga fitur, karena dari dua aspek inilah yang akan menghasilkan AdSense atau penghasilan seorang youtuber.
2. Selebgram
Selebgram atau selebritas Instagram adalah orang yang terkenal melalui media sosial Instagram dan banyak memanfaatkan Instagram sebagai sumber pendapatannya. Pekerjaan sebagi seorang selebgram sudah cukup lama dijumpai, dengan konten yang mayoritas berupa endorsement suatu produk, baik berupa foto maupun video pendek. Sumber penghasilan dari seorang selebgram ini bergantung pada jumlah followers, like, skill dalam kontennya, dan juga unggahan yang ada di akun Instagram miliki selebgram tersebut.
Semakin banyak jumlah followers dan like suatu unggahan di Instagram maka orang tersebut dengan mudah dilirik oleh brand tertentu untuk menjadi brand ambassador produknya. Saat ini banyak sekali contoh selebgram yang memiliki followers di atas 100k.
3. Blogger
Blogger adalah sebutan orang yang yang membuat konten melalui tulisan di sebuah blog. Blogger ini sudah cukup ditemui sejak lama, dan tulisan mereka bisa membahas tentang berbagai hal, seperti edukasi, review suatu produk atau makanan, juga bisa berupa tips and trick.
Namun, tak jarang juga ditemui seseorang yang gemar berkelana lalu menuangkan pengalaman mereka melalui tulisan. Jadi, blogger tidak hanya memposisikan dirinya sebagai content creator saja, tapi juga seseorang yang memiliki kebiasaan menulis sebagai dokumentasi pribadinya.
4. TikTokers
Tiktokers merupakan seorang content creator yang saat ini banyak bermunculan di media sosial. Kemunculan TikTok ini awalnya hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja, namun semakin ke sini penggunaan TikTok mulai merambat ke arah bisnis atau konten kreatif lainnya.
Konten ini berbentuk video vertikal dan berdurasi pendek namun, mencakup Informasi yang cukup padat. Cara bekerja sebagai seorang tiktokers tidak jauh berbeda dengan seorang selebgram, yaitu sebuah brand yang menjadikan seorang tiktokers sebagai brand ambassador untuk mempromosikan suatu produk dalam video pendek yang diunggah di akun TikTok.
5. Podcaster
Mungkin kemunculan platform Spotify sudah tidak asing bagi generasi muda. Spotify adalah salah satu platform yang menyediakan konten melalui suara.
Secara sederhana, podcast ini membahas tentang banyak hal. Namun, tak jarang juga beberapa akun Spotify yang membahas tentang hal random yang tentunya berhubungan dengan kehidupan anak muda. Ada pula podcast yang memiliki ciri khas tertentu yang bisa dijadikan sebuah motivasi atau renungan oleh pendengar, seperti podcast Menjadi Manusia.
Itulah tadi beberapa prospek kerja dari seorang content creator yang saat ini memang mulai digemari banyak orang karena keberadaan media sosial yang membuat masyarakat cenderung tidak bisa lepas dari hal tersebut. Selain itu untuk menjadi seorang content creator kalian harus belajar melalui lembaga pelatihan content creator yang ada salah satunya Jakarta School of Ph0tography, dengan cara mendaftarkan diri ke nomor dibawah ini.
Tag:aplikasi content creator, aplikasi konten kreator, content creator, ide content creator, ide konten kreator, konten kreator, kriteria content creator, kriteria konten kreator, peluang profesi content creator, Prospek Kerja Content Creator, skill yang harus dimiliki content creator, tujuan content creator