Have any question?

(62) 85881750095
jspinfodesk@gmail.com
Jspschool
ispschool
sekolahphoto
Register Login

Login with your site account

Lost your password?

Not a member yet? Register now

JSP - Jakarta School of PhotographyJSP - Jakarta School of Photography
  • Home
  • About Us
  • Courses
  • Gallery
  • Blog
  • SERTIFIKASI
    • Sertifikasi Pilot Drone Indonesia
    • Sertifikasi Fotografer Indonesia
  • Agisoft Software
  • Shop
  • Contact
      • Cart

        0
    • Home
    • About Us
    • Courses
    • Gallery
    • Blog
    • SERTIFIKASI
      • Sertifikasi Pilot Drone Indonesia
      • Sertifikasi Fotografer Indonesia
    • Agisoft Software
    • Shop
    • Contact

    Drone

    • Home
    • Blog
    • Drone
    • Pengoperasian Drone di Bandar Udara

    Pengoperasian Drone di Bandar Udara

    • Posted by admin jsp
    • Categories Drone
    • Date January 16, 2023
    • Comments 0 comment

    Pengoperasian Drone di Bandar Udara

    Bandar udara mengacu pada setiap wilayah daratan atau perairan yang digunakan atau dimaksudkan untuk pendaratan atau lepas landas pesawat udara. Termasuk pendaratan dan lepas landas untuk pesawat amfibi, heliport, beserta fasilitas penunjang lainnya.

    Bandar udara meliputi suatu kawasan yang digunakan atau dimaksudkan untuk bangunan bandar udara, fasilitas, juga serta gedung dan fasilitas lain disekitarnya.

    Jenis Bandara Udara

    Bandara udara sendiri dibagi menjad dua tipe diantaranya :

    1. Towered Airport

    Sebuah bandara yang memiliki satu menara kontrol pengawas. Air Traffic Control (ATC) bertanggung jawab untuk menyediakan arus lalu lintas udara yang aman, tertib, dan teratur di bandar udara sesuai dengan jenis pelayanan yang diberikan.

    2. Non-Towered Airport

    Tipe bandara ini tidak memiliki menara kontrol pengawas. Komunikasi radio dua arah tidak diperlukan, meskipun sebaiknya para pengguna drone diharapkan memantau radio frekuensi yang digunakan disekitaran pengoperasian nya untuk kepentingan keamanan dan kelancaran lalu lintas penerbangan di area tersebut. Kunci untuk memantau lalu lintas di bandara tanpa menara pengawas adalah pemilihan frekuensi yang akan digunakan.

    Dari dua tipe bandara ini dapat dibagi lagi menjadi :

    1. Bandara Sipil : bandara yang terbuka untuk umum.
    2. Bandara Militer/Pemerintah Nasional : bandara yang dioperasikan oleh militer, atau lembaga lain dari Pemerintah Nasional.
    3. Bandara Pribadi : bandara yang ditujukan untuk penggunaan pribadi atau terbatas, tidak terbuka untuk umum.

    Sumber Data Bandara

    Saat pilot jarak jauh (remote drone pilot) beroperasi di sekitar bandara, penting untuk meninjau data terkini di bandara tersebut. Data ini memberikan informasi kepada pilot, seperti radio frekuensi komunikasi, layanan yang tersedia, landasan pacu yang ditutup misalnya, atau adanya konstruksi bandara.

    Informasi tersebut bisa didapatkan dari :

    1. AIP (https://aimindonesia.dephub.go.id/iwish/)
    2. Chart Supplement (formerly Airport/Facility Directory)
    3. Notices to Airmen (NOTAMs)
    4. Automated Terminal Information Service (ATIS)

    1. Chart Supplement (formerly Airport/Facility Directory)

    Chart Supplement (formerly Airport/Facility Directory) memberikan informasi terlengkap tentang bandara tertentu. Terdiri dari informasi tentang bandara, gheliport, dan pangkalan pesawat amfibi yang terbuka untuk umum. Suplemen Bagan diterbitkan dalam tujuh buku, yang disusun berdasarkan wilayah dan direvisi setiap 56 hari.

    2. Notices to Airmen (NOTAM)

    Informasi khusus, yang bersifat sementara atau tidak cukup diketahui sebelumnya untuk memungkinkan disampaikan, pada bagan aeronautika atau dalam publikasi operasional lainnya, yang segera disebarluaskan oleh sistem NOTAM.

    Informasi NOTAM dapat mempengaruhi keputusan Anda untuk melakukan penerbangan. Meskipun NOTAM berisi informasi seperti penutupan taxiway dan landasan pacu, konstruksi, komunikasi, perubahan status alat bantu navigasi, dan informasi lain yang penting untuk direncanakan dalam perjalanan, terminal, atau operasi pendaratan, pilot jarak jauh (remote pilot drone) dapat menggunakan informasi ini untuk membantu membuat keputusan yang tepat. keputusan tentang di mana dan kapan harus mengoperasikan SPUKTA.

    Sebelum menerbangkan apa pun, pilot harus memeriksa NOTAM apa pun yang dapat mempengaruhi penerbangan ke bandara yang mereka tujuh.

    3. Automated Terminal Information Service (ATIS)

    Layanan Informasi Terminal Otomatis (ATIS) adalah rekaman kondisi cuaca lokal dan informasi non-kontrol terkait lainnya yang disiarkan pada frekuensi lokal dalam format loop. Biasanya diperbarui sekali per jam tetapi diperbarui lebih sering ketika ada perubahan cuaca yang signifikan. Informasi penting disiarkan di ATIS termasuk cuaca, landasan pacu yang digunakan, prosedur ATC khusus, dan aktivitas konstruksi bandara apa pun yang dapat mempengaruhi perencanaan penerbangan.

    Ketika ATIS direkam, akan diberi kode. Kode ini diubah dengan setiap pembaruan ATIS. Misalnya, ATIS Alpha digantikan oleh ATIS Bravo. Jam berikutnya, ATIS Charlie direkam, diikuti oleh ATIS Delta dan begitu seterusnya.

    Aeronautical Charts

    Aeronautical Charts adalah peta jalan bagi seorang pilot. Bagan tersebut memberikan informasi yang memungkinkan pilot jarak jauh memperoleh informasi tentang area di mana mereka bermaksud untuk beroperasi.

    Dua grafik aeronautika yang digunakan oleh pilot VFR adalah:

    1. Area Terminal VFR

    Katalog gratis yang mencantumkan grafik aeronautika dan publikasi terkait termasuk harga dan petunjuk pemesanan tersedia di Produk Navigasi Penerbangan : http://www.airnavindonesia.co.id

    2. Sectional Charts

    Adalah bagan yang paling umum digunakan oleh pilot saat ini. Memiliki skala 1:500.000 (1 inci = 6,86 mil laut (NM) atau sekitar 8 statute miles (SM), yang memungkinkan informasi lebih rinci untuk dimasukkan kedalam. Bagan grafik memberikan banyak informasi, termasuk data bandara, alat bantu navigasi, wilayah udara, dan topografi.

    Dengan mengacu pada legenda, pilot dapat menginterpretasikan sebagian besar informasi pada grafik. Seorang pilot juga harus memeriksa bagan untuk informasi legenda lainnya, yang mencakup frekuensi kontrol lalu lintas udara (ATC) dan informasi tentang wilayah udara. Grafik ini direvisi setiap setengah tahun kecuali untuk beberapa daerah di luar Indonesia dimana grafik tersebut direvisi setiap tahun.

    Pelajara ini bisa kalian dapatkan di Jakarta School of Photography dengan mengikuti pelatihan serta sertifikasi drone baik secara perorangan maupun corporate dengan cara mengubungi nomor dibawah ini. 

     
    Ditulis oleh
    Team Dokumentasi JSP

    JADWAL SERTIFIKASI DRONE

    https://linktr.ee/sertifikasiindonesia

    penerbangan drone di bandar udara, peta larangan terbang drone, zona larangan terbang drone, cara mengurus izin terbang drone, zona otorisasi drone, prosedur penerbangan drone, contoh surat izin menerbangkan drone, zona larangan terbang drone jakarta, batas ketinggian drone di indonesia, menerbangkan drone dibandara, 

    More from my site

    • Pengenalan Pelatihan Indonesia Remote Pilot Learning HandbookPengenalan Pelatihan Indonesia Remote Pilot Learning Handbook
    • Peraturan Untuk Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak Atau DronePeraturan Untuk Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak Atau Drone
    • Persyaratan Mendapatkan Sertifikat Remote Pilot Dengan Rating SPUKTAPersyaratan Mendapatkan Sertifikat Remote Pilot Dengan Rating SPUKTA
    • Beberapa Kasus Kecelakaan dan Pelanggaran Terkait Penggunaan DroneBeberapa Kasus Kecelakaan dan Pelanggaran Terkait Penggunaan Drone
    • Cara Mengurus Izin Terbang Drone Di IndonesiaCara Mengurus Izin Terbang Drone Di Indonesia
    • Batas Ketinggian Menerbangkan Drone di IndonesiaBatas Ketinggian Menerbangkan Drone di Indonesia

    Tag:batas ketinggian drone di indonesia, cara mengurus izin terbang drone, contoh surat izin menerbangkan drone, penerbangan drone di bandar udara, peta larangan terbang drone, prosedur penerbangan drone, zona larangan terbang drone, zona larangan terbang drone jakarta, zona otorisasi drone

    • Share:
    admin jsp

    Previous post

    5 Aturan Terbangkan Drone di Bandara
    January 16, 2023

    Next post

    Pelatihan Drone Sesuai Dengan CASR 107
    January 16, 2023

    You may also like

    • Tes sertifikasi kemampuan dasar jakarta school of photography
      Test Sertifikasi Drone Kemampuan Dasar Jakarta School of Photography
      10 February, 2023
    • Komunitas drone I Can Fly
      Komunitas Drone I Can Fly
      7 February, 2023
    • Bahaya burung dan satwa liar terhadap pesawat tanpa awak
      Bahaya Burung dan Satwa Liar Terhadap Pesawat Tanpa Awak
      30 January, 2023

    Leave A Reply Cancel reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Search

    Categories

    • Blog
    • Class Photography
    • Drone
    • Drone fotografi
    • Drone Training
    • Drone Training Outdoor
    • Food photography
    • Fotografi
    • GALERY SISWA JSP
    • Hunting Class
    • LOMBA FOTO
    • LOMBA FOTO DRONE
    • LOMBA VIDEO
    • NEWS
    • SERTIFIKASI PILOT DRONE INDONESIA
    • Sewa Studio
    • Uncategorized
    • VIDEOGRAPHY

    jsp.co.id

    085881750095

    jspinfodesk@gmail.com

    OUR TEAM

    • FROM THE FOUNDER
    • PENGAJAR JSP
    • CARA BELANJA DI JSP
    • Agisoft Software

    NEWS

    • NEWS FROM JSP
    • LOMBA FOTO DRONE
    • LOMBA FOTO
    • FAQs

    OUR PARTNERS

    Copyright © 2017 - Jakarta School of Photography

    Mau Menjadi Pengajar ?

    Dapatkan informasinya email ke jspinfodesk@gmail.com

    Mulai sekarang